Rabu, 03 Oktober 2012

Mengenal Penyakit dalam Thibbun Nabawi



Pernahkah kita merasa sakit atau kurang enak badan, atau tidak hanya badaniyah saja yang sakit bisa jadi sisi jasmani kita juga pernah merasakan sakit. Sadarkah kita bahwa penyakit yang di derita oleh manusia itu tidak hanya penyakit jasmani atau badaniyah saja tetapi penyakit jiwa juga suka mendera diri kita. Cobalah kita untuk tidak  mempersempit makna penyakit jiwa seperti orang gila yang sering kita temui di jalan jalan. Kadang penyakit jasmani akan timbul karena adanya penyakit hati atau jiwa yang diderita oleh orang yang sakit. Tanpa kita sadari bahwa penyakit hati akan berpengaruh besar terhadap penyakit badaniyah, mungkin kita pernah menemui betapa banyak orang yang merasa sakit secara fisik setelah di check dan di periksa baik oleh dokter maupun alat kedokteran yang canggih tidak ditemukan satu pun penyakit pada diri pasien. Disini lah mengapa thibbun nabawi menjelaskan apa itu penyakit jiwa dan apa itu penyakit jasmani. 



Dalam beberapa literatur mengenai thibbun nabawi penyakit dibagi menjadi dua yaitu:
  1. Penyakit jasmani, penyakit ini timbul karena ada salah satu organ tubuh yang tidak berfungsi dengan baik bahkan bisa kehilangan fungsinya sama sekali. Kita sering mendengar orang yang terkena penyakit jantung disebabkan karena ada kelainan pada jantung orang tersebut yang dapat mengakibatkan hilang nya beberapa fungsi organ tubuh di karenakan penyakit jantung .
  2. Penyakit jiwa atau rohani, betapa banyak orang merasa ada yang salah pada diri mereka tetapi setelah di cek tidak ditemukan sumber penyakit yang dideritanya. Setelah diadakan pendekatan secara personal hati ke hati ditemui bahwa orang tersebut ternyata menyimpan banyak masalah dalam diri nya tetapi bukan berupa tidak berfungsinya salah satu organ tubuh tetapi bisa jadi karena dia stress, banyak hutang sehingga mengakibatkan fungsi dari tubuh menurun bahkan melemah di karenakan penyakit hati tersebut.
Nah, dari uraian tersebut insyaAllah pengobatan thibbun nabawi mempunyai solusi dalam menyelesaikan atau mencari jalan keluar dari penyakit yang diderita oleh masyarakat. Betapa banayak Hadist dan ayat Al Qur’an yang memberikan petunjuk dalam mengobati penyakit baik penyakit jasamani dan rohani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar