Rabu, 26 September 2012

Pengertian Apa itu Thibbun Nabawi


     Hai sobat pecinta rosul, setelah menjelaskan sedikit mengenai thibbun nabawi sekarang kami mencoba mengulas lebih banyak akan pengertian dan apa apa saja yang terdapat dalam dunia pengobatan nabi. Tanpa kita sadari apa yang kita makan saat ini telah banyak melalui suatu proses yang mungkin kita tak pahami dan tidak ketahui. Betapa banyak makanan yang telah kita konsumsi banyak mengandung bahan bahan kimia yang akan lambat laun mempengaruhi tubuh kita. Seorang ulama Ibnul Qayyim pernah memberikan suatu pendapat bahwa orang orang terdahulu dimana mereka  makan dan minum yang berasal dari bahan tunggal seperti gandum ,beras, juice buah dan sejenisnya. atau bisa juag menggunakan obat tradisional yang berasal dari tumbuhan obat.


   Ketika mereka terserang penyakit cukup menggunakan obat obatan thibbun nabawi yang berasal dari bahan baku yang tunggal juga. Seperti apa obat obatan tersebut baik berupa madu, telur ayam, habbatussauda dan banyak bahan tunggal lainnya yang berbahan obat tradisional dan obat herbal yang tumbuh dan berkembang saat itu. Banyak hal yang ada dalam Al Qur’an dan Sunnah yang patut kita ketahui seperti hal nya bagaimana pengobatan yang pernah di lakukan oleh Nabi kita. Kita akan banyak memperoleh manfaatnya dari metode pengobatan ini selain itu juga kita berusaha untuk selalu menjalankan dan mengamalkan hadist dan ayat ayat Al Qur’an yang berhubungan dengan masalah pengobatan dan kesehatan.

    Dapat kita uraikan bahwa pengobatan ala Nabi adalah apa yang digunakan Nabi Muhammad, apa yang beliau perintahkan, apa yang beliau anjurkan dan apa yang beliau larang untuk menyalahinya. Ibnul Qoyyim berkata “Pengobatan ala Nabi tidak seperti layaknya pengobatan para ahli medis. Pengobatan ala nabi dapat diyakini dan bersifat pasti, bernuansa Ilahi, berasal dari wahyu dan misykat nubuwah serta kesempurnaan akal. Pengobatan ala Nabi Muhammad ini disebut juga ThibbunNabawi, yaitu ilmu-imu kedokteran yang berada dalam bingkai keimanan pada Allah  sehingga terjaga dari kesyirikan, takhayul dan khurafat. Pengobatan Nabi ini terus berkembang dan banyak digunakan baik di timur maupun dunia barat. Banyak para ahli telah mengakui kefektifan pengobatna cara nabi ini. Jadi sobat pencinta rosul kenap sekarang kita tidak mencoba untuk menggunakan cara pengobatan seperti ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar