Kamis, 04 Oktober 2012

Jenis Pengobatan Thibbun Nabawi


Pengobatan Thibbun Nabawi
Pengobatan Thibbun Nabawi
Sudah tidak terasa hari Jum'at yang penuh barokah lagi ya sahabat Pecinta Rosul, kalau sebagian orang bilang It's Friday tapi saya lebih suka bilang Jum'ah Mubarok. Bagaimana kabar sobat semua mudah mudahan sehat wal afiat, kalau yang sedang sakit semoga di beri kesembuhan dan kesabaran dalam menerima penyakitnya. Setelah membahas mengenai penyakit dalam thibbun nabawi sekarang saya akan mencoba mengupas lebih dalam tentang jenis jenis pengobatan thibbun nabawi cara Nabi dari alwadeyonline.com berdasarkan beberapa hadist yang shohih yang di jelaskan dalam kitab Ibnu Qayyim, mudah mudahan dapat memberikan pencerahan dan ilmu yang bermanfaat bagi sahabat yang mengunjungi blog saya ini.
Saya akan membahas sebuah hadist yang di rirwayatkan oleh Said bin Jubair dari Ibnu Abbas dalam kitab Shahih Al-Bukahri:
“Kesembuhan bisa diperoleh dengan tiga cara: Dengan meminum madu, dengan pembekaman, dengan besi panas, dan aku melarang umatku (menggunakan) pengobatan dengan besi panas”
Dalam hadist ini pengobatan thibbun nabawi menyebutkan tiga jenis pengobatan yaitu:
  1. Meminum madu, merupakan makanan kesehatan alami yang dihasilkan oleh lebah yang kaya akan gizi dan unsure penting lainnya.
  2. Pembekaman atau Bekam, yaitu suatu metode pengobatan dengan cara mengeluaran darah kotor (blood letting) dengan cara disayat dengan silet, lanset, pisau bedah atau jarum steril pada bagian yang dibekam.
  3. Penggunana besi panas, tetapi disini Nabi memeberikan alternative terakhir sebagai bentuk pengobatan.
Wah cukup menarik bukan ternyata syariat agama islam itu membahas semua aspek sampai sampai masalah kesehatan pun di bahas. Itu lah keindahan dan kesempurnaan Isalm sebagai agama, pengobatan thibbun nabawi merupakan solusi bagi semua umat baik muslim maupun non muslim insyaAllah akan bermanfaat. Jenis pengobatan ini tidak hanya terbats dilakukan oleh umat Rosul saja tapi dapat diterapkan pada semua jenis masyarakat baik muslim maupun non muslim. Banyak lagi jenis pengobatan selain dari 3 jenis yang disebutkan diatas. InsyaAlah akan di bahas satu persatu tentang jenis pengobatan nabawy yang bayak termaktub dalam Hadist maupun Al Qur’an. Masih penasaran terus ikuti dan kunjungi blog ini ya sobat untuk mengetahui masalah thibbun nabawi dan madu.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar